Sejarah komputer - perkembangan singkat komputer dari masa ke masa

Sejarah komputer - Komputer saat ini sudah menjadi device yang sangat umum digunakan untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Komputer sendiri mempunyai sejarah panjang perkembangannya dengan tahapan sebagai berikut :

sejarah komputer


* Komputer generasi pertama

Komputer ini diberi nama ENIAC (electronic numeric integration and computer) yang dibuat di pensylvania, amerika serikat. Komputer ini sejatinya digunakan untuk keperluan perang amerika pada saat PD 2. Fitur yang ada didalamnya digunakan untuk mengukur jarak tembak dari rudal dan persenjataan. ENIAC sendiri merupakan 1 Buah komputer seberat 30 Ton yang dibangun dalam satu Lab, dengan tabung vakum sebanyak 18.000, menggunakan 140 Kw listrik, operasinya bilangan desimal, dan terdiri dari 20 ACC (Accumulator).

* Komputer generasi kedua

Merupakan seuah model yang diajukan oleh von neumann (consultan di ENIAC) yang membuat beberapa perubahan seperti merubah tabung vakum menjadi transistor, serta merubah nama komputer dari ENIAC menjadi IAS.

* Komputer generasi ketiga

Mengalami beberapa perkembanan dengan memakai gerbang-gerbang logika dan mengarah ke rangkaian digital. Komputer generasi ketiga dikenal dengan nama microelektronic yang pertama kali digunakan IBM yang mengubah ukuran clock speed menjadi 1 Mega = 1.000.000 Op/dtk.

* Komputer generasi keempat

Mengalami perkembangan dengan pemakaian memory semikonduktor. Intel menciptakan microprocessor 8008 (1972) yaitu Mikroprosesor 8 bit pertama. Setelah itu intel memunculkan 8080 (1974) 8 bit, yang lebih cepat dari 8008. Pada masa ini instruksi yang dapat dilakukan komputer lebih banyak dan diciptakan dalam bentuk LSI.

* Komputer generasi kelima

Mengalami beberapa perubahan yaitu dimunculkannya teknologi VLSI dengan kecepatan 1.000.000.000op/dt yang menggunakan processor 32bit.

lihat juga : pengertian komputer | pengertian internet | sejarah internet

[ 2 komentar ]

faisal mengatakan...

terimakasih atas informasinya

dani.r mengatakan...

dari generasi ke generasi makin bguss ...

Posting Komentar

Jangan ragu menyatakan pendapat anda,.. silahkan berkometar !!!